Netcut (Network Cut) adalah suatu aplikasi untuk memotong/memutus koneksi sebuah jaringan. Aplikasi ini dipakai untuk administrator sebuah jaringan, apabila ada client yang mencurigakan dapat membahayakan server. tetapi oleh sekelompok orang iseng (termasuk saya -mungkin) aplikasi ini dipakai untuk menaikan bandwidth saat sedang ber-hotspot ria. Emank bisa?

Jadi begini, suatu jaringan yang terdiri dari beberapa komputer dan konek ke internet akan dijatah untuk limit bandwidth-nya. Contoh dalam suatu warnet terdiri dari 10 komputer client dan 1 buah komputer server. Dan warnet tersebut memiliki kuota bandwidth sebesar 1 gbps (misal). Kuota bandwidth tersebut dibagi-bagi ke sejumlah komputer client dan komputer server. Biasanya besar kecepatan suatu komputer dalam mengakses internet berbanding terbalik dengan jumlah pengunjung warnet tersebut. Artinya semakin banyak yang menggunakan komputer di warnet tersebut, kecepatan masing-masing komputerpun akan berkurang.

Berawal dari teori itu, kita bisa menjadi penjahat dengan tujuan menambahkan bandwidth untuk komputer sendiri. Dan trik ini saya biasa menggunakannya saat saya ber-hotspot ria, maklum lah di kampus saya kuota bandwidth-nya ga gede-gede amat. Apalagi biasanya kalau saya sekali mendownload 1 file bisa mencapai ratusan MB  jadi butuh bandwidth yang besar untuk mengghemat waktu.

OK langsung saja kita praktik..

  1. Download netcut-nya dulu di sini.
  2. Extract file-nya dan install.
  3. Setelah Netcut ter-install, jalankan langgsung netcut-nya.
  4. Di situ anda bisa melihat IP Address komputer/laptop yang terhubung pada jaringan (termasuk server lho!).
  5. Pencet tombol Cut Off pada salah satu IP Address. Dan bandwidth pada komputer dengan IP Address yang anda cut off tadi akan dibagikan ke sejumlah IP lain (termasuk IP anda).
  6. Pastinya kurang donk kalau cuma 1? Silahkan putuskan yang lainnya juga sampai anda puas dengan bandwidth yang anda terima.

OK! Gampang kan?

Lalu bagaimana kalau orang lain juga punya netcut? Gampang, karena setiap penyakit pasti ada obatnya.. Install-in saja anti netcut. Tapi sebelumnya download dulu aplikasinya di sini.

Sekian tutorial dan trik yang kurang bermutu dari saya semoga bisa berguna dan bisa digunakan dengan lebih bijak, karena saya tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan yang anda lakukan. Jangan lupa tinggalkan komentar pada artikel ini dan artikel-artikel lain pada blog ini dan Terima Kasih banyak…

About these ads