Berita gembira! Ketika zaman masih membutuhkan sebuah formalitas, ketika persyaratan masuk dunia kerja masih membutuhkan “bukti” hitam di atas putih, maka berta ini sungguh sangat menyenangkan. A. Fauzi

SELEMBAR SERTIFIKAT, masih tetap diakui sebagai bukti bahwa si empunya memang memiliki kemampuan yang dapat dipertanggungjawabkan. Faktanya, memang hampir semua perusahaan yang ingin memperoleh karyawan dengan skills komputer, belum merasa cukup kalau hanya memperoleh penjelasan “Saya bisa mengoperasikan komputer”, tapi tetap memberikan persyaratan pemilikan sertifi kat bagi pelamarnya, jika tidak, ya mohon maaf, cari pelamar lain yang memilikinya.

Betapa pentingnya selembar sertifikat, maka tidak jarang pula perusahaan juga mempertimbangkan, dari mana atau dari lembaga apa sertifikat pelamar tersebut diperoleh. Tempat kursus komputer yang tidak dikenal, cenderung dilihat sebelah mata, mereka lebih mengutamakan sertifi kat-sertifi kat dari lembaga yang sudah mapan, sudah terkenal, karena bagi perusahaan, nama besar lembaga yang mengeluarkan sertifi kat dapat dijadikan garansi terhadap kualitas pesertanya.

Dengan rencana launching “Sertifikasi Office” yang dilakukan secara online, tentu saja hal ini sangat ditunggu-tunggu oleh mereka yang membutuhkan sertifi kat. Label “PC Media” yang menempel pada sertifikat tersebut, bisa dipastikan menjadi standar sertifi kat kualitas tersendiri, terutama dengan reputasi tes hardware nomor wahid di negara ini.

Memang benar, belum pernah ada lembaga survai yang menghitung berapa sebenarnya jumlah orang yang bisa mengoperasikan komputer di Indonesia, dan dari sekian juta yang bisa mengoperasikan komputer, tidak ada informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya mengenai berapa besar jumlah mereka yang menggunakan produk Microsoft sebagai software yang mereka gunakan sehari-hari.

Data semacam ini tentu sangat susah untuk dicari, tetapi mari kita amati, di sekitar kita, jika di kantor kita ada 100 orang dan 60% atau 60 orang dari mereka bisa mengoperasikan komputer. Berapa kira-kira dari mereka itu yang bisa mengoperasikan Excel? Penulis menebak, 50% dari mereka, atau boleh jadi malah lebih yang akan mengaku mampu mengoperasikan Excel. Bahkan, penulis pernah beberapa kali tanya kepada teman-teman yang notabene karyawan perbankan dan setiap hari selalu berkutat dengan Excel, ketika penulis tanya, “Sudah berapa % materi Excel yang Anda kuasai?”, jawaban mereka membuat bulu kuduk penulis berdiri, “Ya, sekitar 60% sampai 70%-lah”, dengan enteng mereka menjawab. Nah, menurut penulis, amat luar biasa teman-teman penulis itu, tetapi ketika penulis tanya lebih lanjut, “Apa saja fungsi-fungsi Excel yang pernah Anda gunakan dan Anda memahaminya dengan baik?”, ternyata untuk menyebut lebih dari 20 fungsi saja mereka sangat kesulitan.

Jumlah fungsi itu ratusan dan fungsi-fungsi tersebut diciptakan memang untuk berbagai bidang atau disiplin ilmu, lha ya jelas, tidak mungkin ada orang yang mampu menguasai Excel. Nah, kalau dari yang ratusan itu hanya bisa menyebut kurang dari 20 fungsi, bagaimana mungkin mereka mengklaim telah menguasai Excel sampai 70%? Ini baru cerita fungsi yang hanya bagian kecil dari Excel secara keseluruhan, fasilitas-fasilitas lainnya?

Di lapangan, Excel memang telah menjadi bagian dari kita, tidak terbatas pada mereka yang bekerja di kantor, tapi apapun yang berhubungan dengan pekerjaan hitung-itungan, Excel menjadi pilihan utama.

Excel memang telah menjadi primadona pada jajaran software pengolah angka, kepopularannya belum tertandingi oleh software manapun. Sepertinya, untuk beberapa tahun ke depan, software ini masih tetap bertengger di jajaran elit software pengolah angka dan masih tetap menjadi leader.

Balik lagi ke masalah Sertifikasi Office online, khususnya Excel, menurut penulis, ini ide brilian dari PC Media. Pada saatnya nanti, siapapun akan dengan mudah memperoleh kesempatan untuk mengikuti “ujian” ini dan memperoleh sertifikat dengan label ”PC Media Mahir”, jika mampu menjawab dengan benar 65% dari seluruh soal yang ditanyakan (jumlah soal ada 30 macam) dalam waktu maksimal 45 menit.

Untuk saat ini, pihak PC Media belum secara spesifik membuat klasifikasi, mana soal-soal untuk tingkat menengah, terampil, dan mana yang untuk tingkat mahir, semua masih jadi satu paket. Mudah-mudahan, suatu saat nanti akan ada pemisahan seperti itu, dengan demikian akan semakin banyak peserta yang berani mengambil sertifikasi ini.

Pembatasan keikutsertaan peserta dirasa juga perlu untuk keperluan edukatif. Mereka yang sudah mengambil ujian hanya bisa mengambil ulang dalam tempo 7 hari. Oke, tunggu apa lagi, uji kemampuan Excel Anda dengan mengambil sertifikasi cukup mengklik http://www.sertifikasioffice.com, kemudian klik Daftar untuk mendaftarkan diri Anda dengan mengisi data pribadi Anda, lalu klik Ambil Sertifikasi, selanjutnya Anda akan diminta menjawab berbagai macam pertanyaan.

Jawablah satu demi satu sampai selesai, tidak lama setelah Anda menyelesaikan ujian tersebut, Anda akan memperoleh informasi mengenai hasilnya di layar, Anda juga akan menerima informasi tersebut melalui alamat e-mail yang Anda cantumkan ketika Anda mendaftar. Ada komunitas MUGI (Microsoft User Group Indonesia) http://www.mugi.or.id yang bisa jadi rujukan apabila ada kasus-kasus Excel yang ingin ditanyakan.
Portal Sertifikasi Mahir PC Media ini saat ini diluncurkan dengan materi ujian Microsoft Excel 2007 dan dalam waktu dekat akan diluncurkan pula materi ujian untuk Microsoft PowerPoint 2007, Microsoft Outlook 2007, dan Microsoft Word 2007. Buruan deh…, jadilah orang pertama yang menggondol sertifikat Excel dari PC Media!
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempelajari Excel, namun demikian, jika tujuan Anda ingin mempelajarinya secara maksimal, selain membaca buku Excel standar, tidak ada pilihan lain, Anda harus banyak berlatih studi kasus terapan, tanya kepada teman yang mahir, masuklah ke milis-milis Excel yang tersebar di Internet.
Satu hal yang perlu dipertimbangkan juga buat Anda, yaitu tentang versi Excel. Saya melihat, memang banyak sekali penambahan fitur dan kemampuan di Excel 2007, yang paling gampang sebutlah jumlah baris dan kolom, Excel 2003 hanya mampu menampung 65.536 baris dan 256 kolom, sedang-kan versi terbaru ini mampu mengolah data sampai dengan 1.048.576 baris dengan 16.384 kolom, jadi kalau dihitung-hitung, Excel 2003 memiliki 16 juta sel, bagaimana dengan Excel 2007? Fantastis…! 17 milyar sel.
Apabila Anda ingin mempelajari lebih lanjut kemampuan Microsoft Excel 2007, majalah kesayangan Anda dalam edisi ini juga menyisipkan video training berbahasa Indonesia di dalam CD dengan topik mahir untuk analisis data dan pemodelan bisnis.
Penulis adalah pakar Microsoft Excel yang telah menerbitkan banyak buku Excel best seller dan sekarang membina milis mugi@mugi.org untuk materi Excel.

Sumber : www.pcmedia.co.id