Generasi system operasi baru dari Microsoft yang diberi nama Vienna (berasal dari bahasa Italia yang berarti 7) akan segera dirilis pertengahan tahun 2009. Masih diperdebatkan langkah yang diambil Microsoft ini, mengapa? Karena banyak yang masih menjadi kontroversi. Di antaranya peluncuran Windows Vienna yang tergolong cepat dari Windows sebelumnya yaitu Vista. Biasanya Microsoft itu meluncurkan versi mayornya setiap 5-6 tahun, dan untuk versi minornya 2-3 tahun. Ini berarti Windows Vista adalah versi minor dari Windows Vienna.
Menurut forum-forum yang sempat saya kunjungi dan kebetulan sedang membicarakan mengenai Windows Vienna. Windows Vienna adalah akhir dari Windows XP. Benarkah Windows Xp akan berakhir??? Saat dirilis pertama kali Windows Vista BETA sudah mendapatkan banyak kritik dari beberapa website. Akan tetapi tampaknya Microsoft tidak melihat kebutuhan minimal spek computer untuk Windows Vista, bayangkan computer dengan memory RAM 1 GB pada Windows Vista seperti computer dengan RAM 128 MB di Windows XP. Bagaimana kalau di Windows Vienna???
Tetapi untuk para XP lover boleh bisa lega sampai 2014, karena proyek XP diperpanjang umurnya oleh Microsoft sampai tahun 2014.
Kita kembali ke Vienna, sebenarnya Project Vienna ini sudah dikembangkan Microsoft dari tahun 2000 yang diberi nama project Blackcomb tetapi terbengkalai karena Microsoft memfokuskan ke Project XP. Nah sekarang anda pilih mana XP, Vista, atau menunggu Vienna yang sudah full release?