Sality adalah virus lama yang daya serangnya cukup merepotkan. Dimana virus sality ini menginfeksi file-file berekstensi *.exe yang ada pada harddisk anda. Saya punya pengalaman buruk dengan virus yang satu ini, di mana semua file-file master yang saya miliki ludes di babad. Dan menurut data dari Kaspersky virus Sality.aa adalah pemimpin klasemen virus dari klasemen yang dibuat oleh Kaspersky.

Sebenarnya yang menghapus file-file executable tersebut bukan virusnya, tetapi antivirusnya sendiri. Lho ko’bisa? Memang bisa, kan saya sudah bilang kalau virus ini menginfeksi file-file executable jadi pada saat antivirus melakukan scanning maka file-file executable yang sudah terinfeksi tadi terdefinisi oleh antivirus menjadi sebuah virus. Dan ketika anda melakukan heal atau delete, maka ucapkan bubye pada file-file anda.

Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya kalau sudah terlanjur terinfeksi adalah lakukan pembersihan dengan antivirus dan relakan file-file executable anda lenyap.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Itulah intinya.

Baca artikel saya yang judulnya “Aman tanpa Antivirus”, lalu terapkan apa yang saya tuliskan pada komputer anda. Kalau anda tidak bisa melakukannya tanpa antivirus, maka pakailah antivirus. dan jangan lupa arsipkan semua file-file executable (master/installer) yang anda miliki dengan WinZip atau WinRAR. Karena virus ini tidak bisa menginfeksi file-file dalam kompresi RAR atau Zip.

Nah sekian solusi terbaik dari saya. Terima kasih..