Pembangunan situs web (web site) bagi pemerintah daerah di tanah air merupakan instruksi Presiden no.3 Tahun 2003. Yang isinya menggalakkan pemanfaatan teknologi informasi (internet) untuk menunjang kegiatan pemerintahannya, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk terwujudnya e-government di Indonesia.
Dari 471 pemda se-Indonesia hanya 226 yang memiliki situs web sendiri, dan hanya 198 situs yang dikelola secara aktif (data Menkominfo). Sedangkan di Jawa Barat hanya pemda Kabupaten Ciamis yang belum memiliki situs web. Coba anda buka ciamiskab.go.id, dan anda akan mendapatkan tulisan “Maaf, situs ini masih dalam tahap pengembangan”. Dari 26 situs pemda yang ada di Jawa Barat, Kabupaten Garut yang menurut saya memiliki situs jauh lebih baik dibandingkan situs-situs pemda lainnya. Dan yang lainnya masih kurang dalam kelengkapan standar situs Pemda (standar menurut saya).
Apa yang harus ada dalam situs pemda?
Kelengkapan fitur-fiturnya, seperti info tentang daerah dari sektor pariwisata, industri, kondisi, peluang investasi, profil daerah, pemerintahan, dll. Selain itu dari interaksi dengan masyarakat, karena kita tahu bahwa tujuan sebuah situs pemerintahan adalah salah satu media komunikasi antara pemerintah dan masyarakat dan juga sebaliknya. Beberapa dari situs tersebut bahkan tidak interaktif dengan masyarakat, contohnya ada sebuah situs dari salah satu pemda di Jawa Barat menyediakan fitur guest book tetapi setiap keluhan dari pengunjung tidak pernah ditanggapi oleh yang punya situs. Bahkan ada layanan contact us, tetapi via email dan tidak tahu email yang dikirimkan direspon atau tidak.
Untuk info tentang situs-situs pemda se-Jawa Barat silahkan anda unduh di sini.
Lalu sebaiknya pemda harus bagaimana?
Pemda harus meninjau kembali fungsi dari sebuah situs miliknya dan melakukan perbaikan-perbaikan di situs tersebut agar komunikasi dengan masyarakat lebih mudah dan memberikan gambaran kepada masyarakat (pengunjung) tentang informasi-informasi dari daerah tersebut.

Sumber :
Harian Pikiran Rakyat, dan dari situs-situs terkait.