NEW YORK – Pertumbuhan industri kartu grafis terus menunjukan peningkatan yang signifikan, ini seiring dengan makin tingginya penjualan notebook dan netbook berbagai merek di berbagai belahan dunia. Dari riset yang dilakukan Jon Peddie Research (JPR) menunjukan pada pertumbuhan kuartal 2 lalu, industri kartu grafis meningkat hinggan 31,29 persen ketimbang kuartal sebelumnya.

Total pengapalan kartu grafis dari beberapa vendor, telah mencapai 98,3 unit. Hasil ini tentu menjadi angin segar bagi industri komputer pada umumnya. Karena ini menunjukan kalau, resesi ekonomi yang mengguncang sebagain besar negara, berlahan tapi pasti telah terlewat. Gairah untuk menyambut paruh kedua ini terlihat memuncah, ketimbang pertengahan 2008 lalu, yang terlihat lesu. Data JPR yang dikutip Hexus, Selasa (28/7/2009), memperlihatkan kalau Intel dan AMD, adalah dua perusahaan yang mengalami peningkatan paling mencolok ketimbang vendor lainnya.

Pada kuartal ini, Intel sukses mengapalkan produknya hingga 50.30 juta unit, dengan market share 51,2 persen, naik 26 persen dari kuartal sebelumnya. Sedangkan AMD, yang pencapaian penjualan yang menyentuh angka 18,13 juta, masih kalah dengan Nvidia dengan 28.74 juta unit. Akan tetapi, AMD berhasil mencapai peningkatan penjualan yang melesat ketimbang kuartal sebelumnya, yang hanya 12.81 juta unit. (srn)

sumber : www.okezone.com

Iklan