wikipediaWASHINGTON – Wikipedia menjadi sumber referensi terbaru bagi warga Amerika Serikat untuk membeli obat untuk penyembuhan suatu penyakit. Berdasarkan survei yang dilakukan Pew Internet dan American Life Project, hampir 61 persen warga AS mencari informasi mengenai kondisi tubuh dan alternatif penyembuhan.

“Hal ini berpotensi membahayakan, karena sebuah situs dijadikan sebuah sumber untuk proses penyembuhan suatu penyakit,” kata Kexin Clauson, perwakilan Nova Southeastern University Pharmacologist seperti dilansir Softpedia, Kamis (30/7/2009).

Penggunaan Wikipedia sebagai bahan referensi pengobatan telah menjadi tren sejak beberapa tahun terakhir. Masyarakat lebih memilih untuk membuka Wikipedia untuk mencari informasi mengenai suatu penyakit ketimbang pergi ke dokter.

Banyak kalangan medis menyatakan keprihatinannya, dan mempertanyakan mengapa masyarakat tidak membuka situs-situs mengenai kesehatan dan justru membuka Wikipedia yang kebenarannya masih sulit untuk dipercaya dan masih dapat diedit sepenuhnya.

Dokter-dokter di AS menyarankan agar pengguna internet tidak begitu saja percaya dengan konten di Wikipedia untuk urusan kesehatan. Ada baiknya selain mencari informasi di Wikipedia, masyarakat juga berkonsultasi dengan dokter.

source : news.id.msn.com