Tadi (7 November 2009) saya mengikuti seminar Bedah Windows 7 yang diadakan di gedung Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia. Dengan materi pengenalan MSDNAA, MSP, dan Windows 7.

Di luar dugaan ternyata Windows 7 jauh lebih ringan dari Windows Vista. Untuk spesifikasi minimum Windows 7 yang saya amati adalah prosesor 800 MHz, RAM 512 MB, VGA 32 MB, dan memakan HD sebanyak 13 GB. Wow!! Jauh dari perkiraan yang akan membutuhkan spek hardware yang tinggi, bahkan menurut kabar Windows 7 juga bisa berjalan pada Pentium I (cuma sebatas jalan dengan tampilan yang sederhana).

Untuk fitur jauh lebih elegan dan lebih user friendly. Contohnya pada fitur searching, Windows 7 mampu mencari keyword dalam file dengan sistem index, jadi tidak cuma nama file dan folder. Canggih kan?

Tapi sayang untuk kompatibilitas dengan software masih menganut pada Windows Vista. Jadi kalau software yang tidak support pada Windows Vista, maka tidak dapat diinstall juga pada Windows 7.

Yah untuk sementara, penilaian saya pada Windows 7 adalah excellent. Tapi tidak tahu kedepannya, apakah terjadi penurunan rating? Kita lihat saja..