Wah dari judulnya saja sudah serem nih.. Jadi takut diciduk sama Polisi.. Well, maksud saya di sini bukan untuk mengajari pembaca bagaimana membobol ATM tetapi lebih memperingatkan pembaca agar berhati-hati terhadap teknik kejahatan seperti ini. Kalaupun nanti pembaca menyalahgunakan informasi yang saya sampaikan, itu di luar tanggung jawab saya.

Ada banyak teknik untuk mengelabui orang-orang nasabah sebuah bank yang memiliki ATM (artos tinggal mencet) seperti skimming, key logging, dll. Tetapi dari semua teknik tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kecerobohan pengguna lah yang menentukan keberhasilan para penjahat-penjahat tersebut.

Contoh untuk skimming, kita perlu mempunyai alat yang bernama skimmer. Lalu bentuknya seperti apa? Bentuk dari skimmmer ini sangat beragam, dan satu paket. Di antaranya penyalin data kartu, perekam key pad, dan web cam.

Jadi setelah pengguna memasukkan ATM ke dalam skimmer yang berbentuk seperti lubang ATM  dan memasukkan PIN dengan otomatis skimmer ini merekam semua data-data nasabah. Wow.. Lalu dengan mudah pelaku menyalin data-data tersebut dan memasukkannya ke dalam kartu ATM lain. Jadi di sini terdapat dua kartu dengan nomor rekening dan nomor PIN yang sama. Kalau sudah begitu tinggal sedot saja sampai habis.

Apa lagi satu set ATM Skimmer bisa dibeli secara online dengan harga lebih kurang 1600 US$ .

Selain skimmer adalah dengan memasukkan batang korek api ke dalam lubang ATM. Sehingga ketika korban memasukkan kartu ATM, maka kartu tersebut tertelan. dan setelah itu korban akan menelpon customer service dari ATM Bank tersebut untuk melaporkan kartu ATM-nya yang tertelan. Dan sialnya nomor telpon customer Service yang ditempel di ATM (biasanya) telah dipalsukan oleh pelaku. Sehingga yang mendatanggi korban adalah pelaku, bukan pegawai bank yang berwenang. Setelh itu biasanya pelaku meminta nomor PIN korban. Perlu anda ingat bahwa pegawai yang berwenang untuk menangani masalah ini tidak pernah meminta nomor PIN untuk mengeluarkan kembali kartu ATM anda.

Saya punya pengalaman unik dengan kartu ATM teman saya. Di mana saya menemukan kartu ATM teman saya terjatuh, dan saya pun memungutnya. Tida-tiba terlintas dalam benak saya untuk mengecek berapa saldo yang dimiliki teman saya (sebenarnya sempat terlintas untuk mengambil sejumlah uang dari ATM tersebut, tetapi sayangnya iman saya masih mampu menghentikan niat saya). Bagaimana saya menebak pin ATM teman saya? Guaaampang banget… Ceritanya ATM teman saya itu dari suatu bank yang menggunakan 6 digit untuk PIN ATM-nya. Dan bukan hal yang sulit untuk menebaknya, saya masukkan saja tanggal lahir teman saya tersebut. Dan memang benar saya dapat menguasai ATM tersebut.

Jadi satu hal yang bisa ditarik dari pengalaman saya dan korban-korban pembobolan ATM 6 Bank yang sedang marak diberitakan adalah selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi dengan mesin ATM, dan ikuti prosedur keamanan yang ditetapkan oleh bank ketika terjadi sesuatu pada ATM anda. Terima kasih, saya tunggu komentarnya..