Melihat di acara-acara berita di stasiun tv tentang orang tua yang kehilangan anak gadisnya karena dibawa sang pacar. Hmm… Ada-ada saja… Mari kita bahas mengapa mereka seperti itu?

Yang saya dengar, awalnya anak mereka mengenal laki-laki (yang kemudian menjadi pacarnya) lewat jejaring sosial Facebook. Memang sudah tidak ada rahasia lagi di facebook, semuanya begitu bebas dan begitu jelas. Mulai dari alamat, sekolah, hal-hal yang disukai, bahkan sampai nomor handphone seseorang pun ada. Ini perlu menjadi tinjauan ulang untuk facebook tentang regulasi baru mengenai privacy.

Facebook pernah mengubah regulasi baru tentang privacy beberapa waktu yang lalu, di mana setiap orang dapat melihat wall dan info-info tentang seseorang meskipun tidak ada ikatan teman via facebook asal dia mempunyai account facebook.

Memang kita tidak bisa menyalahkan tentang regulasi tersebut, tetapi kita selaku pengguna facebook seharusnya mengerti apa itu privacy dan mengerti tentang setingan account kita agar informasi yang kita tuliskan dalam facebook dapat dibagi seperlunya saja dan meminimalisir tindak kriminal via facebook.

Mungkin hal-hal di atas yang kurang dimengerti oleh Nova (14), Abelina (14) dan AS (14), sehingga mereka menjadi korban dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mengingat korban-korban yang telah disebutkan di atas memiliki usia yang belia, maka perlu pengawasan dari orang tua mengenai pergaulan anaknya, terutama saat anak-anak menggunakan internet.