Judulnya saya ambil dari tulisan yang saya baca dari suatu ebook yang ditulis oleh Zeddy Iskandar dari Armanovus. Tulisan tersebut membuat saya berfikir ulang tentang apa yang saya pelajari dan saya perbuat. Dan saya dapat mengambil sebuah pelajaran yang berharga, yaitu “Semuanya butuh proses dan kerja keras”.

Saya sering mambaca buku tentang menjadi expert dalam beberapa jam atau beberapa hari. Seperti cover buku di bawah ini.

 Untitled

Dalam tulisan mas Zeddy diungkapkan bahwa buku-buku seperti di atas hanya membuat seseorang malas belajar dari kesalahan. Karena biasanya dalam buku-buku tersebut menampilkan sebuah program yang sudah jadi dan hampir tidak ada kesalahan. Dan yang saya rasakan juga seolah-olah membuat suatu program tertentu harus dengan konsep seperti yang dituliskan oleh buku tersebut. Jadi tidak ada pemahaman konsep yang mendalam dan tidak ada kreatifitas untuk membuat sebuah konsep lain.

Buku-buku seperti itu seolah-olah memberikan faham bahwa kita bisa membangun Empire State dalam beberapa jam.

Semuanya butuh proses dan kerja keras.

Mozart tidak secara instant manjadi musisi hebat. Mozart harus dipaksa belajar keras tentang musik dari kecil. Dan sampai dia menjadi musisi hebat.

Peter Norvig menulis sebuah tulisan yang berjudul “Teach yourself programming in 10 years”. Silahkan kunjungi link-nya di http://norvig.com/21-days.htm.

Menurut Peter Norvig :

Buku-buku yang menawarkan menjadi expert dalam 24 jam hanya mengajarkan snippet code bukan real-world software. Lalu buku-buku tersebut hanya akan membuat kita belajar sendiri. Sedangkan proses belajar akan lebih meresap apabila ada programmer berpengalaman yang menjadi mentor. Untuk itulah kenapa di sebuah sekolah ada guru dan di tempat kuliah ada dosen.

Siapa itu Peter Norvig?

Beliau adalah Director of Research dan Director of Search Quality di Google. Beliau juga adalah penulis Software Remote Agent untuk robot luar angkasa NASA. Dan dinilai sebagai salah satu prestasi terbaik dalam hal Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Dan beliau adalah penulis buku AI (Artificial Intelligence) yang menjadi standar mata kuiah AI dan dikutip oleh lebih dari 2500 paper ilmiah.

Kalau saya sarankan sebaiknya nasihat-nasihat beliau lebih baik didengarkan dan dilakukan.

Jadi anda masih mengharapkan sebuah jalan pintas untuk meraih sesuatu?