Di berbagai group facebook yang saya ikuti banyak sekali dijumpai promo-promo bisnis online praktis (seperti MLM selanjutnya saya menyebutnya bisnis online praktis) yang menurut saya sangat meresahkan. Kenapa? Karena bisnis online seperti ini menurut saya kurang mendidik. Bisnis online praktis hanya memberikan semangat bagaimana mendapatkan uang dengan instant, minim bekerja/berkarya tetapi dapat menghasilkan uang. Akan banyak orang-orang yang autis di negeri ini, kerjanya cuma bersosialisasi di jejaring sosial untuk keperluan bisnisnya.

Saya tidak menyalahkan bisnis online seperti ini, hanya kecenderungan masyarakat yang saya khawatirkan. Saya khawatir masyarakat akan menganggap bisnis online yg seperti ini adalah ‘profesi’ dan profesi lainnya, seperti pegawai negeri, wiraswasta, dll adalah profesi sampingan. Atau bahkan yang lebih parah orang-orang lebih memlilih bisnis online praktis dan tidak bekerja sama sekali.

Bagi yang ingin bisnis online sebagai usaha sampingan saya ada tips nih cara memilih bisnis online yang sehat.

  1. Lihat dari tampilan desain websitenya. Kalau perusahaannya sehat pasti desain website juga bagus donk. (Masa perusahaan ga sanggup bayar web designer? Gimana mau bayar member-membernya?)
  2. Jangan langsung tergiur dengan jumlah reward yang akan didapatkan.
  3. Ada kontak person atau alamat perusahaan yang bertanggung jawab.
  4. Ada struktur organisasi dewan direksi perusahaannya (manajemen).
  5. Ada transparansi business plan, bukan cuma janji-janji dan pengakuan segelintir orang yang kita sendiri tidak kenal.
  6. Ada kejelasan investor atau sumber dana untuk perusahaan.
  7. Ada bukti perusahaannya berbadan hukum.
  8. Yang pasti ada barang/jasa yang dijual/dibeli.

Semoga tips saya ini membantu. Dan semoga anda jangan salah langkah dengan bisnis online praktis ini. Semoga kekhawatiran saya tidak terjadi. best regards for all of you guys.