Anda bosan ketika anda masuk ke Windows Explorer lalu mendapati icon-icon yang tersedia sama saja seperti itu. Lalu apakah anda ingin mengganti icon-icon tersebut dengan icon-icon lucu yang anda punya? Bagaimana caranya akan dijelaskan di bawah ini, tapi di sini kita akan menggunakan software Tune Up Utilities 2008. Tool ini bisa di download di sini.
Extract file yang anda download tersebut. Dan di situ anda akan mendapatkan folder dua folder yaitu TuneUp Utilities 2008 dan Icon. Buka folder icon dan copy-kan file Expolrer_edited.exe ke folder WINDOWS yang ada di drive C atau sistem. Selanjutnya file shell32_edited.dll ke folder system32 yang terdapat di dalam folder WINDOWS.
Installkan TuneUp Utilities 2008 di PC anda. Perlu anda tahu TuneUp Utilities 2008 adalah shareware, tetapi jangan takut saya kasih patch-nya jadi anda bisa dengan nyaman menggunakannya. Sst tapi jangan kasih tahu siapa-siapa.
Lalu setelah TU2008 terinstall. Buka aplikasi tersebut, dan anda akan mendapatkan tampilan seperti ini.

tu-awal

Lalu pilih menu Customize Windows. Dan pilih Replace Icon.

tu-custom

Lalu anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini. Selanjutnya anda pilih icon yang ingin anda ganti.Dan klick Replace Icon.

tu-repicon

Selanjutnya akan muncul jendela seperti di bawah ini. Lihat pada form Look for icons from this file :, jika di situ tertulis Explorer.exe maka tugas anda ganti tulisan Explorer.exe itu menjadi Explorer_edited.exe. Dan jika di situ tertulis shell32.dll maka ganti menjadi shell32_edited.dll. Dan pilih icon yang anda sukai. Klick OK. Kalau terjadi kegagalan sepertinya anda belum meng-copy file Explorer_edited.exe dan shell32_edited.dll yang saya sertakan dalam file yang anda download ke direktori yang saya sarankan.

tu-changeicon

Lalu klick Apply. Dan Taraaaaap.. Silahkan cek apakah ada perubahan.?

Iklan